Saturday 19 September 2020

Rangkuman Materi Tema 1 dan 2 Kelas 4

 

Rangkuman Materi kelas 4

Tema 1 Indahnya Keberagaman dan 2 Selalu Berhemat Energi

Keberagaman dapat diartikan sebagai perbedaan, sementara Energi adalah sesuatu kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha atau gerak.

Muatan Pelajaran        : Bahasa Indonesia

Indikator                     : 3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang                                            diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

                                      3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks                                            lisan, tulis, atau visual

                                      3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara                                               menggunakan daftar pertanyaan.

1.    Paragraf adalah kumpulan dari beberapa kalimat (4-6 Baris) ditandai dengan penulisan yang menjorok di awal paragraf.

2.    Gagasan Pokok merupakan Ide Utama , Ide Pokok, atau Kalimat Inti dari suatu paragraf, biasanya terletak di Awal Paragraf  (Awal sampai titik) meskipun tak menutp kemungkinan ada di tengah dan di akhir

3.    Gagasa Pendukung  merupakan kaliamat pendukung dalam suatu paragraf.

CONTOH :

Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan.  (Merupakan Gagasan pokok) Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat. (merupakan gagasan Pendukung)

 

4.    Ringkasan dapat dibuat mengikui tahap:

a.       Membaca terlebih dahulu naskah atau teks asli,

b.      Mencatat atau menandai gagasan utama,

c.       Gunakan Kalimat baru

d.      Dapat menambahkan kalimat tambahan yang sesuai.

 

5.    Selogan merupakan kalimat pendek yang mudah diingat

6.  Poster merupakan gambar yang disertai tulisan, biasanya bertujuan memberikan suatu informasi ataupun ajakan terhadap masyarakat umum.

 

Muatan Pelajaran        : PPKn

Indikator                     :   3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga                                          masyarakat dalam kehidupan seharihari

3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

 

Indonesia merupaka negara yang kaya akan budaya dan segala keberagamannya, mulai dari Agama, Suku, Bahasa, Pakaian, Rumah, senjata, Alat musik, hingga Makanan (Kuiner) nya, mekipun demikian setiap warga negaranya saling menghormati satu sama lain.

Terdapat 6 (enam) agama yang diakui di Indonesia yaitu:

1.      Islam                                       : temat ibadah di Masjid, Kitab Suci Al-Quran

2.      Kristen (Proteta dan Katolik) : temat ibadah di Gereja, Kitab Suci Al-Kitab

3.      Hindau                                    : tempat ibadah di Pura,  kitab suci Weda

4.      Budha                                     : tempat ibadah di Vihara, kitab suci Tripitaka

5.      Konghucu                               : tempa ibadah di Kelenteng, Kitab Suci Si Shu Wujing

 

Hak Adalah sesuatu yang dapat diperoleh atau di terima oleh seseorang, sementara, Kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan atau dilaksanakan oleh seseorang, pelaksannannya selalu diawali dengan Kewajiban baru diikuti oleh Hak.

 

Muatan Pelajaran        : IPA

Indikator                     : 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk                                             energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas                                            bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

                                     3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan 

                                            indera pendengaran Pendengaran.

Bunyi berasal dari sumber bunyi atau sumber suara, basanya berasal dari seuatu yang bergetar. Bunyi dapat merambat melalui Benda Padat, Cair, Gas atu Udara, akan tetapi bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa (seperti di luar angkasa).

Kita dapa mendengar karna memeliki alat indra pendengaran yang diciptakan Tuhan, yaitu Telinga, karna dari itu kita wajib menjaganya dengan baik mulai dari membersikhanya dengan vairan tetes telinga ataupun hanya sekadar di lap dengan kain yang lebut.

Mekanisme kerja telinga yaitu mulai dari Sumber suara yang bergetar merambat pada udara,masuk pada lubang atau saluran telinga menuju gendang telinga, melewati tang tulang kecil atau tulang rawan yaitu tulang Martil, Sangurdi, dan Landasan lalu ke Rumah Siput hinga di input ke Otak hingga kita dapat mendengar.

Bnyi dapat diSerap dan di Pantulkan, berikut penjelasannya

1.      Penyerapan Bunyi, bunyi dapat diserap oleh benda-benda yang memliki permukaan halus atau lunak seperti Karpet, Goni, Kertas, Kain, Busa, wol dll. Pemasangan benda lunak atau penyerapan bunyi ini bertujuan untuk mencegah gaung atau kerdam dalam sebuah runagn biasanya digunakan pada Bioskop, Studio Rekaman dll.

2.      Pemantulan Bunyi,  Bunyi juga dapat di pantulkan, pemanulan bunyi terbagi menjadi dua yaitu: Gaung atau Kerdam (dipantulkan pada dinding yang jaraknya tidak jauh dari sumberbunyi,  seperti di Kamar Mandi),  dan Gema (dipantulkan oleh jaraknya jauh dari sumber bunyi, seperti di lembah, Gua atau Bukit).

Energi adalah sesuatu kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha atau gerak. Sumber energi terbesar di dunia adalah Matahari.

Indnesia kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), baik SDA Alternatif (yang dapat di perbaharui) seperti yang berasal dari hewan dan tumbuhan serta Matahari, Air, Angin, Panas Bumi, Gelombang Laut dll, maupun SDA Tradisional (Tidak dapat diperbaharui) seperti Minyak Bumi, Barang Tambang (Emas, Perak, Bauksit, batu bara, dll).

Energi dapat diubah bentuknya, contoh:

1.         Listrik diubah menjadi panas    : Menjemur baju atau ikan, Setrika, Raicecooker, dll

2.         Listrik diubah menjadi gerak     : Kipas angin, Mesin cucui, Blander, dll

3.         Listrik diubah menjadi cahaya : Lampu, tv, dll

4.         Listrik diubah menjadi bunyi   : Radio, Pengeras Suara, dll

 

Muatan Pelajaran        : SBdP

Indikator                     :  3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

   3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah

            Nada adalah tinggi rndahnya suara saat bernyanyi, nada terbagi menjadi 3 (Rendah, Sedang dan tinggi).

            Tari Saman merupakan tari yang berasal dari Aceh, begitu juga tari Bungong Jeumpa berasal dari Aceh, Bungong Jeumpa berarti buga cempaka. Kedua jenis tari ini dilakukan secara berkelompok.

 

No comments:

Post a Comment