Saturday 14 November 2020

 

Panduan Singkat Penggunaan Google Classroom  

               

                Berikut adalah panduan singkat penggunaan Google Classroom, semoga bermanfaat.

 

1.  Pastikan koneksi Internet anda stabil

     Jika anda adalah Peserta didik disalah satu Instansi pendidikan (terdaftar di Dapodik), cobalah aktifkan terlebih dahulu Kuota Belajar yang diberika pemerintah dengan cara:

·         Cek pulsa seperti biasa

·         Pilih Kuota Belajar Rp0

·         Aktifkan, tunggu sms yang menunjukan anda telah aktif menggunakan Kuota Belajar.

2. Siapkan akun e-mail yang sudah dibuat sebelumnya, jika belum memiliki akun e-mail anda dapat membuatnya terlebih dahulu, untuk cara membuat e-mail anda dapat klik link di bawah ini

https://yangkasih.blogspot.com/

       Jika akun sudah siap, anda dapat lanjut pada link

4. klik link di samping ini https://classroom.google.com/  atau link yang guru anda berikan untuk langsung mengakses kelas digital anda.

5. Masukan e-mail dan password anda

6. Jika anda belum pernah mengakses Google Classroom anda akan diarahkan pada laman sepeti di bawh ini

7. Klik Continue, anda akan di arahkan pada laman seperti dibawah ini, lalu klik tanda tambah dibagian atas kanan Join Class.  (Dibawah ini merupakan Ilustrasi)

 

8. Anda akan diarahkan pada laman seperti di bawah ini,  masukkan Kode yang gurumu berikan pada kolom Class Code  lalu lanjut klik Join  pada pojok kanan atas, (di bawah ini merupakan Ilustrasi)

 

 9. Anda akan diarahkan pada laman seperti di bawah ini (Ilustrasi)

10. Stream atau Forum adalah bagian muka (tampak awal) dimana anda dapat berdiskusi, berkomentar, menyapa, dan tugas baru dari guru anda tampil.

11. Classwork  atau Tugas Kelas adalah bagian dimana anda dapat membaca materi dan mengerjakan tugas yang guru anda berikan, anda juga dapat memberikan komentar.

Untuk  membaca materi anda dapat langsung mengklik materi yang akan di baca, Sementara untuk mengerjakan tugas anda tinggal mengklik pertanyaan yang telah diajukan (perhatikan batas waktu, jika anda melewati batas waktu anda tidak dapat mengerjakan tugas  dan anda di anggap tidak hadir), (berikut Ilustrasinya)

 

 

 12.People atau Anggota merupakan daftar peserta yang sama-sama mengikuti kelas Digial tersebut, anda dapat mengakses atau mengirim e-mail sesama peserta kelas digital.

 13. View your Work (melihat pekerjaan anda) atau Nilai  anda dapat melihat pekerjaan dan nilai anda dibagian ini. (berikut ilustrasinya)


 

14. Untuk keluar anda dapat memilih Ikon lingkaran atau foto pada atas kanan, lalu klik Sign Out  atau Keluar

 

 

2 comments: